Setelah libur panjang nyaris selama sebulan karena bulan Ramadan, kompetisi Liga 1 Indonesia 2019 akan kembali menggelar pertandingan pada Jumat (21/6). Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia akan kembali menghadirkan persaingan klub-klub terbaik langsung dimulai dari pekan ke-5. Sayangnya, penundaan pekan ke-4 tidak akan menjadi yang terakhir terjadi. Sebab, pada pekan-pekan selanjutnya kemungkinann akan ada lagi jadwal Liga 1 2019 yang akan mengalami perubahan.

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi memutuskan menunda seluruh pertandingan pekan ke-4 karena bertepatan dengan hajatan Timnas Indonesia di FIFA Match Day. Liga 1 Indonesia akan kembali dimulai pada pekan ke-5.

Seperti diketahui skuat Garuda menjalani dua laga dalam kalendar FIFA. Anak asuh Simon McMenemy itu menghadapi Yordania dan Vanuatu. Saat melawan Yordania, Timnas Indonesia dilibas dengan skor telak 1-4 Sementara ketika menjamu Vanuatu di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Irfan Bachdim dan kawan-kawan meraih kemenangan telak 6-0.

Banyaknya pemain Liga 1 2019 yang dipanggil membela Timnas Indonesia membuat PT LIB akhirnya menunda gelaran pekan ke-4. Hal itu dilakukan agar pelatih Timnas Indonesi, Simon McMenemy bisa leluasa memilih pemain terbaiks.

Kini, setelah agenda Timnas Indonesia selesai, para pemain langsung dibubarkan untuk memperkuat timnya masing-masing.

Pekan ke-5 sendiri akan diawali dengan dua laga yakni PSS Sleman menjamu Bhayangkara FC di Stadion Maguwoharjo dilanjutkan dengan Semen Padang melawan Badak Lampung FC di Stadion Agus Salim.

Tapi, lagi-lagi pada pekan ke-5, PT LIB kembali memutuskan untuk menunda satu pertandingan. Laga tersebut adalah PSM Makassar melawan Arema FC di Stadion Andi Mattalatta dalam lanjutan iga 1 Indonesia.

Seharusnya pertandingan ini dimainkan pada Minggu (23/6) malam WIB. Namun urung dilaksanakan karena PSM masih bersaing di babak semifinal region Asia Tenggara AFC Cup 2019. PSM sendiri harus menjalnai dua leg pertandingan di semifinal  AFC Cup.

Pada leg pertama di markas Becamex Binh Doung, PSM takluk dengan skor tipis 0-1. Padahal PSM menghadapi 10 pemain Becamex Binh Doung kala itu setelah ada satu pemain lawan yang dikartu merah.

Laga leg kedua sendiri akan dilaksanakan di Pakansari Bogor, (26 Juni mendatang.

Uniknya, dari kabar yang diterima redaksi Bolanusantara, dalam beberapa pekan mendatang kemungkinan akan ada lagi jadwal pertandingan Liga 1 2019 yang ditunda.

Lalu pertandingan apa saja yang kemungkinan ditunda dan dijadwal ulang oleh PT LIB? Berikut daftarnya:

Pekan 6: Persebaya Surabaya Vs Persela Lamongan di Stadion Gelora Bung Tomo (Ditunda, jika Persebaya lolos ke semifinal Piala Indonesia 2018)

Pekan 7: Persebaya Surabaya Vs Persib Bandung di Stadion Si Gelora Bung Tomo Ditunda, jika Persebaya lolos ke semifinal Piala Indonesia 2018)

Pekan 7: Persija Jakarta vs PSM Makassar (ditunda karena bertepatan dengan jadwal semifinal Piala Indonesia)

Pekan 7: Madura United Vs Semen Padang (ditunda karena bertepatan dengan jadwal semifinal Piala Indonesia  2018)

Pekan 7: Bali United vs Borneo FC (ditunda karena bertepatan dengan jadwal semifinal Piala Indonesia  2018)

Pekan 10: Madura United vs Arema FC (ditunda jika Madura United lolos ke final Piala Indonesia 2018)

Pekan 10: Perija Jakarta Vs Semen Padang (ditunda jika Persija lolos ke final Piala Indonesia 2018)

Pekan 10: Kalteng Putra vs PSM (ditunda jika PSM lolos ke final Piala Indonesia 2018)

Pekan 10: Badak Lampung FC vs Borneo  FC (ditunda jika Borneo FC lolos ke final Piala Indonesia 2018)

Pekan 11: Madura United Vs Perseru Badak Lampung FC (ditunda jika Madura United lolos ke final Piala Indonesia 2018)

Pekan 11: PSM vs PSIS (ditunda jika PSM lolos ke final Piala Indonesia 2018)

Pekan 11: Persipura Vs Persija (ditunda jika Persija lolos ke final Piala Indonesia 2018)

Pekan 11: Persla vs Borneo FC (ditunda jika Borneo FC lolos ke final Piala Indonesia 2018)

Selain pertandingan di atas, Liga 1 Indonesia tetap akan menjalankan pertandingan sesuai dengan jadwal. Terkecuali ada situasi seperti force majure yang memaksa laga harus ditunda karena suatu peristiwa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *