Setelah menghadapi ujian nasional, anak kita akan disibukkan dengan persiapan untuk ujian masuk PTN. Ujian yang diselenggarakan serentak (SBMPTN) memang relatif memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan ujian nasional. Materi SBMPTN terdiri dari materi-materi yang diujikan di ujian nasional, ditambah juga dengan soal-soal logika yang memerlukan persiapan khusus.

Materi SBMPTN bisa dibilang juga cukup banyak. Materi tersebut hampir merangkum semua materi yang dipelajari dari kelas satu hingga kelas tiga SMA. Untuk para orang tua, penting kiranya bila kita juga melek informasi seputar ujian yang akan dihadapi oleh anak-anak kita nanti. Dengan kita up to date tentang materi SBMPTN, kita para orang tua juga bisa memantau dan membimbing anak-anak kita agar bisa belajar dengan baik. Artikel ini tidak akan membahas tentang persiapan anak, melainkan bagaimana seharusnya orang tua membantu persiapan anak menghadapi SBMPTN. Berikut adalah tipsnya.

  1. Pahami Pilihan Anak

Banyak orang tua yang kadang tidak peduli dengan kemauan dan kemampuan anak. Kita sebagai orang tua kadang juga acuh, atau justru sebaliknya, lebih bersikap memaksakan kehendak kita sebagai orang tua. Penting untuk bersikap demokratis sebagai orang tua kepada anak agar orang tua bisa memahami kondisi anak. Anak nantinya tidak akan bingung dan ragu dengan pilihannya, sehingga bisa mempersiapkan materi SBMPTN dengan lancar.

  1. Jangan Hanya Menyuruh

Orang tua terkadang juga hanya mementingkan hasil akhir. Mereka hanya tahu menyuruh anaknya untuk belajar, tanpa pernah memberikan kesempatan kepada anak untuk bercerita tentang bagaimana keadaannya saat ini. Jadi mungkin setelah membaca tulisan ini, para orang tua dirumah bisa lebih perhatian akan kondisi anak. Mungkin si anak sedang jenuh sehingga kita perlu mengajaknya pergi refreshing.

  1. Terus Motivasi

Orang tua sangat perlu untuk terus memotivasi anak dalam mempersiapkan SBMPTN. Materi SBMPTN itu banyak dan juga sulit, jadi wajar bila mereka sering lesu dan bosan. Teruslah motivasi mereka agar bisa tetap konsisten dengan tujuan yang telah dia buat. Ada banyak cara untuk memotivasi mereka, salah satunya dengan memberikan sistem reward.

  1. Gunakan Platform Belajar untuk Memantau Perkembangan Belajar

Untuk memudahkan proses pemantauan terhadap sejauh mana kesiapan anak menghadapi SBMPTN, kita sebagai orang tua bisa menggunakan aplikasi untuk membantu anak dalam belajar. Salah satu yang paling baik saat ini adalah ruang guru, sebuah platform penyedia layanan pendidikan terbesar di Indonesia. Ruang guru punya produk bernama ruang belajar, dengan berlangganan ruang belajar, orang tua juga bisa memantau perkembangan belajar anak melalui hasil dari latihan soal.

Itu dia beberapa hal yang bisa bapak ibu persiapkan untuk bisa membantu anak dalam mempersiapkan materi SBMPTN. Peran orang tua sangat penting bagi anak-anak. Mereka membutuhkan motivasi, bimbingan, dan doa dari kita. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk para orang tua di rumah, dan semoga cita-cita anak kita bisa terwujud! Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *