Image result for Tips Bijak Menghadapi Lebaran Sale di Berbagai Pusat Perbelanjaan

Menjelang bulan Ramadhan, di berbagai pusat perbelanjaan telah diramaikan dengan berbagai promo dan diskon menarik dalam rangka mengisi lebaran sale. Seperti tradisi yang sudah ada, di bulan Ramadhan hingga lebaran kebutuhan masyarakat lebih meningkat karena kebiasaan makan di rumah, bersilaturahmi hingga beribadah yang lebih sering dibandingkan biasanya. Promo Ramadhan dibuka di berbagai pusat perbelanjaan baik offline seperti mall, super market dan mini market hingga pusat perbelanjaan online seperti situs jual beli online, toko online dan sosial media. Disini masyarakat akan mendapatkan diskon untuk berbagai kebutuhan Ramadhan maupun yang tidak berhubungan dengan Ramadhan sehingga diharapkan biaya yang dikeluarkan menjadi lebih terjangkau.

Meski begitu, tak selamanya berbelanja saat Ramadhan sale akan memberikan penghematan pada Anda. Jika tak memiliki pengendalian diri yang kuat, Anda bisa-bisa justru ingin membeli semua barang yang diberikan diskon karena tergiur oleh harganya yang lebih hemat dibandingkan harga biasanya. Padahal belum tentu barang tersebut Anda butuhkan untuk menyambut Ramadhan maupun lebaran. Hal inilah yang perlu diwaspadai sehingga belanja Anda tetap fokus dengan kebutuhan untuk lebaran dan Ramadhan dan tidak melebar ke tujuan lain yang belum terlalu dibutuhkan apalagi jika dana yang dimiliki terbatas.

Selain mengendalikan diri, ada beberapa point lainnya yang juga perlu Anda perhatikan untuk tetap bijak dalam menghadiri lebaran sale yaitu:

1. Kadaluarsa.

Batas kadaluarsa makanan, bahan makanan dan minuman. Anda pastinya tak ingin membeli makanan tau bahan makanan yang mendekat masa kadaluarsa atau bahkan sudah melampauinya. Meski dijual dengan harga yang murah, namun jika Anda tak segera menghabiskannya maka makanan dan minuman bisa menjadi kurang sehat untuk dikonsumsi sehingga justru Anda akan membuang uang. Yang lebih penting, mengkonsumsi makanan atau bahan makanan yang sudah lewat batas kadaluarsa, akan membawa resiko penyakit di saluran pencernaan.

2. Bahan pakaian dan kerapiannya.

Jika Anda akan membeli pakaian, meski dengan harga yang lebih murah namun tetap perhatikan bahan pakaian yang digunakan. Ada beberapa pusat perbelanjaan yang menggunakan moment Ramadhan sale ini untuk menjual produk lama yang telah usang ataupun rusak agar mendapatkan pembeli.

3. Budget.

Sebelum berangkat ke pusat perbelanjaan atau memulai berbelanja online semua kebutuhan Ramadhan, sebaiknya membuat budget yang bisa Anda gunakan untuk berbelanja tahun ini. Bedakan belanja untuk pakaian keluarga atau pakaian untuk oleh-oleh dan belanja untuk bahan makanan dan makanan untuk hidangan Ramadhan dan lebaran. Sebisa mungkin Anda berbelanja sesuai atau kurang dari budget agar tetap bisa melakukan berbagai rencana lebaran dengan baik karena dana yang dimiliki sudah dipersiapkan dengan baik.

4. Tabungan.

Jangan sampai dana lebaran Anda semua dijadikan barang atau makanan karena bisa jadi nantinya Anda akan membutuhkan uang cash untuk bersodaqoh atau memberi hadiah bagi anak dan keponakan.

Dengan memperhatikan berbagai point di atas, diharapkan Anda akan lebih bijak dalam memilih mana yang perlu dibeli dalam lebaran sale dan mana yang bukan merupakan kebutuhan utama Ramadhan. Perlu diingat bahwa sebenarnya moment Ramadhan dan lebaran bukanlah moment untuk berfoya-foya apalagi ada ibadah puasa yang dilakukan setiap harinya untuk menahan hawa nafsu termasuk nafsu untuk berbelanja. Belilah hanya barang yang betul-betul diperlukan saja misalnya bahan makanan karena dalam bulan Ramadhan anggota keluarga yang biasanya lebih sering makan di luar rumah akan sering meluangkan waktunya untuk berbuka dan bersahur bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *