Salah satu syarat shalat adalah harus bersih dan suci. Menggunakan karpet masjid merupakan salah satu usaha untuk memenuhi syarat tersebut. Karpet masjid sejatinya merupakan perlengkapan shalat yang seharusnya melindungi kita dari kotoran. Oleh karena itu, kita harus menjaga karpet masjid dalam keadaan yang selalu bersih. Pada kenyataannya, banyak masjid yang memiliki karpet masjid yang kurang bersih dan berbau kurang sedap. Padahal, karpet masjid diharapkan menjadi tempat yang paling nyaman untuk bersujud dan beribadah kepada Allah SWT. Oleh karenanya, perawatan karpet masjid merupakan hal yang tidak kalah penting dibandingkan dengan kualitas karpet.

Demi menjaga kebersihan karpet masjid, pengurus masjid harus melakukan pembersihan atau perawatan karpet masjid secara rutin, sehingga karpet masjid tetap suci. Jangka waktu tiap pembersihan tergantung dari kebijakan pengelola masjid. Bagi masjid yang tergolong besar, pembersihan tidak dapat dilakukan dilakukan sendiri, mengingat luasnya karpet masjid yang harus dibersihkan. Pembersihan karpet masjid sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan karena akan mempengaruhi kualitas karpet. Pembersihan yang sembarangan bisa menyebabkan benang cepat lepas dan karpet menjadi cepat rusak. Oleh karena itu, sebaiknya masjid yang besar khususnya, menggunakan jasa pembersihan karpet masjid. Petugas pembersihan karpet masjid biasanya menggunakan peralatan khusus yang efektif dan efisien sehingga Anda sebagai pengelola masjid tidak akan repot dibuatnya. Selain itu, pembersihan juga dilakukan dengan hati-hati sehingga tidak akan mengurangi kualitas karpet masjidnya. Karpet yang selalu bersih dan wangi akan membuat jamaah yang beribadah merasa nyaman dan betah.

Perawatan karpet masjid memang hal penting yang harus diperhatikan. Apalagi jika masjidnya luas dan karpet masjidnya juga luas, maka perlu perawatan khusus. Oleh karena itu, pengelola masjid sudah sepantasnya menyediakan pula anggaran untuk perawatan masjid dan fasilitasnya seperti karpet masjid. Pada akhirnya, barang yang terawat dengan baik akan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama sehingga akan lebih hemat. Tidak perlu mengganti dengan yang baru jika barang yang lama masih bagus kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *