Sepeda menjadi salah satu alat transportasi yang saat ini masih banyak digunakan apalagi di luar negeri seperti Belanda. Ada beberapa jenis sepeda dan salah satunya adalah sepeda gunung. Sepeda gunung berbeda dengan sepeda BMX karena bentuk dan komponen yang digunakan berbeda serta lokasi serta tujuan penggunaannya berbeda. Di Indonesia sendiri produsen Polygon sudah terkenal bahkan di luar negeri. Banyak jenis sepeda Polygon yang ada di pasaran yang bisa dipilih dan dibeli misalnya jenis Xtrada yang di toko online memiliki harga Polygon kurang lebih Rp 5 jutaan.

Walaupun hingga saat ini sudah ada Xtrada 8, namun Xtrada 5 yang dijual dengan banderol sekitar Rp 5,3 jutaan ini masih diminati banyak orang. Pada dasarnya, sepeda Xtrada 5.0 yang dimiliki oleh Polygon ini merupakan sepeda yang terinspirasi dari Hardtail XC Race Bike. Sepeda jenis ini tidak hanya cocok dipergunakan oleh orang yang suka berolahraga seperti di gunung namun juga orang yang gemar bersepeda di medan yang mendatar seperti di jalan raya.

Untuk bagian framenya, sepeda dari Polygon ini menggunakan alloy hydroformed allutech yang walaupun sangat kaku namun memiliki bobot yang ringan dan tidak mudah patah. Karena hal tersebut sepeda ini cocok atau bisa dipergunakan di medan yang lebih menantang misalnya di medan offroad. Untuk bagian front fork, sepeda ini mempergunakan shock depan SR Suntour XCM HLO yang memiliki tinggi 100 mm. Ketinggian front fork ini bisa Anda sesuaikan dengan postur atau kenyamanan Anda saat menggunakannya.

Pada bagian steam, seatpost dan handlebar, sepeda yang memiliki harga Polygon sekitar Rp 5 jutaan ini menggunakan sistem full alloy yang kuat dan sangat ringan. Di bagian saddle, Xtrada 5 ini mempergunakan entity saddle yang bisa memberikan Anda kenyamanan saat Anda mengendarai sepeda dari Polygon ini sebab saddle-nya empuk. Di bagian depan dari saddle sepeda ini memiliki pucuk runcing yang bisa membantu atau mempermudah Anda untuk melakukan manufer.

Di bagian rem baik depan atau belakang dari sepeda Xtrada 5 ini mempergunakan sistem hydroulik dan disk brake dengan Shimano Acera yang ada di bagian depan ataupun belakang dari roda. Dengan penggunaan sistem tersebut, sepeda ini memiliki kepakeman rem yang tinggi yang akan selalu membantu Anda kala Anda bersepeda di lintasan yang menurun. Karena hal tersebut, Anda tidak perlu takut untuk mencoba sepeda Xtrada 5 dari Polygon ini baik di lintasan onroad ataupun offroad.

Sepeda Xtrada 5.0 ini memiliki tampilan yang gahar dengan roda 27.5”. Dengan tampilan roda yang besar tersebut menyebabkan sepeda ini terlihat maskulin dan bisa dipergunakan untuk bermanuver terutama saat Anda hendak menggunakannya untuk downhill. Di bagian Crankset, jenis sepeda ini menggunakan produk Shimano Acera CS-HG20 11-34T yang sudah terkenal kualitasnya.

Spesifikasi lainnya dari sepeda Xtrada 5.0 dengan harga Polygon sekitar Rp 5 jutaan ini, yaitu:

  • Di bagian derailleur front dan rear menggunakan Shiano Alivio untuk perpindahan gigi bagian depannya dan Shimano Deore untuk perpindahan gigi di bagian belakang sehingga perubahan gigi saat bersepeda terasa halus.
  • Wheelset pada Xtrada 5.0 ini mempergunakan velg yang berasal dari Araya rim. Velg yang digunakan tersebut terbuat dari bahan alumunium sedangkan spoke sepeda menggunakan bahan dasar stainless steel sehingga bisa lebih tahan karat. Di bagian hub untuk menghubungkan bagian bawah sepeda, menggunakan full alloy yang ringan namun tetap kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *