Sebagai seorang ibu, anda pasti merasa cemas ketika anak mengalami permasalahan buang air besar seperti diare, sembelit, bahkan susah buang air besar. Sebenarnya jika anda menangani hal tersebut dengan tepat, anda tidap perlu cemas.

Di apotik banyak dijual berbagai macam obat-obatan, namun kebanyakan orang takut mengambil resiko, khawatir obat yang dibeli kurang tepat dan mengandung banyak bahan kimia sehingga berdampak pada sang anak. Berikut beberapa tips pengobatan untuk berbagai permasalahan buang air besar pada anak

  1. Mengatasi diare pada anak

Diare adalah penyakit yang ditandai dengan muntah dan buang air besar dengan feses cair. Penyebabnya adalah infeksi  dari bakteri salmonella, virus rotavirus dan berupa parasit seperti giardia. Adapun obat diare pada anak alami resep dokter sebagai berikut.

Memberi air susu tambahan

Jika anak anda masih bayi dan balita maka yang anda lakukan bukan hanya memberikan air putih namun memberikan air susu tambahan juga. Air putih tidak banyak mengandung sodium, postagium dan nutrisi yang diperlukan anak saat terhidrasi. Anda perlu mendiskusikan kembali dengan dokter terkait kadar air yang dibutuhkan oleh anak ketika diare.

Memberikan pisang

Ketika diare bayi banyak kehilangan potasium, karena keluar bersamaan dengan kotoran, untuk mengganti potasium yang hilang maka kandungan seng, kalsium, zat besi, dan vitamin B6 dan A  pada pisang adalah solusinya.

Anda hanya perlu menggerus pisang agar mudah dicerna bayi. Jika anak anda  berusia 6 tahun ke atas maka pisang bisa dimakan langsung.

  1. Mengatasi sembelit atau susah buang air besar pada anak

Sembelit merupakan kondisi sulit buang air besar, ganguan pencernaan ini pada bayi dapat ditandai dengan fisik feses bayi yang terbelah-belah seperti bongkahan. Keadaan ini disebabkan karena mengonsumsi susu formula, transisi dari mengonsumsi asi ke makanan padat dan kondisi medis lainnya.

Maka obat sembelit dan susah buang air besar alami, untuk mengatasi permasalahan tersebut memakan makanan yang berserat.

Kacang hijau

Anda bisa mengolahnya menjadi bubur yang pasti disukai anak anda. Mengonsumsi kacang hijau dapat mengatasi sembelit karena mengandung vitamin A,B,C,K, zat besi, zinc, postasium dan protein.

Kacang kedelai

Mengandung kalsium dan serat yang tinggi sehingga dapat mengatasi sembelit. Anda bisa mendapatkannya dari makanan yang bahan utamanya kacang kedelai seperti tahu dan tempe, atau anda bisa memberikan kepada anak anda susu kedelai alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *