Sejak zaman dahulu, ada banyak kebudayaan dan tradisi dari berbagai daerah yang berkaitan dengan kecantikan. Misalnya saja ketika ingin mencerahkan wajah secara alami, para putri raja dari zaman Majapahit dan Sriwijaya kerap memanfaatkan bengkoang. Bengkoang merupakan jenis buah yang cara memanennya adalah dengan menggali tanah. Ketika sudah siap dipanen bengkoang memiliki rasa manis dan kandungan air yang cukup tinggi.

Cara mencerahkan wajah secara alami dengan bengkoang adalah mengolahnya menjadi masker. Dulu, masker bengkoang hanya bisa dibuat secara manual yaitu dengan menumbuk bengkoang yang telah dipotong dadu. Namun, saat ini masker tersebut bisa diperoleh di penjual kosmetik baik secara online maupun offline.

Jika memiliki waktu luang, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencerahkan wajah secara alami. Cara pertama adalah dengan infuse water bengkoang. Seperti halnya infuse water buah atau sayuran lainnya, bengkoang tinggal dipotong dadu lalu dilarutkan dengan air dingin selama beberapa jam. Setelah itu, air infuse bisa diminum langsung atau digunakan untuk mencuci muka maupun membersihkan make up.

Fungsi infuse water dari bengkoang selain sebagai pengganti pembersih wajah dari bahan kimia yang dikemas juga bisa membantu mencerahkan wajah. Jadi, ketika pori – pori kulit terkena polusi udara akibat kegiatan padat di tempat umum maka penggunaan air bengkoang ini bisa membantu membersihkannya dan membunuh bakteri.

Cara kedua untuk menggunakan bengkoang sebagai pencerah wajah adalah dengan masker. Bengkoang yang sudah dicuci bersih kemudian dikupas dan dipotong kotak. Lalu blender bengkoang tanpa tambahan air sehingga bentuknya akan sedikit padat. Oleskan masker bengkoang dengan tangan supaya bisa sekalian memijatnya.

Selain bisa mencerahkan wajah secara alami, masker bengkoang yang juga digunakan untuk memijat ini bisa menjadikan kulit lebih halus. Karena bengkoang memiliki bagian berbutir – butir, maka ketika dioleskan atau dipijatkan di wajah maka butiran halus tersebut akan bisa menghilangkan komedo serta bruntusan yang kerap menjadi masalah. Namun, jika kulit wajah cenderung berjenis kering gunakan masker ini hanya sekali dalam sepekan karena ada kandungan bengkoang yang bersifat menyerap minyak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *