Aku adalah seorang ibu dengan dua orang anak. Jarak antara kedua anakku sangat jauh. Anak pertamaku berada di semester akhir perguruan tinggi negeri di Malang. Dan anakku yang kedua masih duduk di kelas 9 SMP. Aku seorang ibu yang bekerja dari pagi sampai sore, anakku yang kecil di rumah bersama mertuaku yang perempuan. Ia duduk di kelas 9 sudah hampir 3 bulan, kemarin baru saja aku mengambil raport bayangan dari nilai UTS anakku.

Nilai Raport anakku terlihat rendah di mata pelajaran IPA. Ia juga mengeluh tentang materi IPA Kelas 9. Ia bilang kalau ia kurang suka dengan mata pelajaran Biologi. Katanya sulit dipahami dan sulit dihafal. Aku mencoba bertanya juga kepada guru anakku apakah jika kelas biologi anakku kurang tertarik atau bagaimana, ternyata gurunya pun menjelaskan memang di pelajaran IPA anakku kurang semangat dan nilainya sedikit turun dibanding yang lain.

Aku menceritakan masalah ini kepada suamiku dan suamiku memberikan usul agar mengunduh aplikasi Ruangguru. Ku mencari tahu Ruangguru ini apa, ternyata Ruangguru adalah platform bimbel online yang memiliki beberapa produk pendidikan seperti Ruangbelajar. Di dalam Ruangbelajar terdapat berbagai materi pelajaran dari berbagai tingkatan dari SD-masuk ke perguruan tinggi. Terutama yang aku cari adalah materi IPA kelas 9.

Di dalam materi IPA kelas 9 terdapat 17 topik pelajaran dan masing-masing topik memiliki 16 video materi animasi yang sangat memberikan inovasi dalam pembelajaran sistem yang baru. Mungkin bagi beberapa orang tua sistem online ini sulit dimengerti karena beberapa orang tua kadang tidak mengerti untuk mengurus sistem online seperti ini.

Berikut beberapa langkah untuk mengakses materi di aplikasi Ruangguru.

  1. Berlangganan

Sebelum mengakses materi di aplikasi Ruangguru ini, kita harus berlangganan terlebih dulu agar beberapa akses yang masih terkunci dapat kita buka. Belangganan ini bebas kita pilih paket sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita. Misal paket per bulan, per 6 bulan atau per tahun ajaran. Perbedaan paket ini juga mempengaruhi harga. Mungkin memang perbulan lebih murah tapi jika dihitung langganan pertahun lebih murah dibanding kita berlangganan perbulan.

  1. Memilih kelas dan kurikulum

Setelah berlangganan pilih Ruangbelajar dan pilih kelas serta kurikulum yang sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di Sekolah. Kurikulum juga tersedia tiga sesuai dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia. Berbeda sekolah bisa berbeda kurikulum yang digunakan. Anakku menggunakan kurikulum K13 revisi.

  1. Memilih materi yang ingin dipelajari

Jika sudah berlangganan maka semua akses mata pelajaran sudah bisa kita gunakan. Keuntungannya adalah jika awalnya anakku hanya untuk mencari dan mempelajarai materi IPA kelas 9, tapi karena berlangganan maka bisa mengakses materi mata pelajaran lain. Seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan sebagainya.

Setelah itu tinggal melanjutkan akses ke mata pelajaran lain dan kapan saja bisa diakses sesuai keinginan dan kebutuhan anak. Saya yakin anak-anak lebih pandai mengoperasikan aplikasi ini dibanding kita sebagai orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *