Nama besarnya menjadi legenda di Indonesia, khususnya di Jakarta, pahlawan Betawi ini semakin terkenal setelah ceritanya difilmkan dan dibintangi oleh Dicky Zulkarnaen. Untuk melestarikan budaya dan memperingati jasa Si Pitung, maka didirikan Museum Bahari Rumah Si Pitung Jakarta.

Rumah Si Pitung adalah nama ketiga, sebelumnya bernama Rumah Tinggi Marunda, kemudian berubah menjadi Langgar Tinggi dan akhirnya disebut Museum Rumah Si Pitung, namun orang lebih mengenalnya dengan nama Rumah Si Pitung. Si Pitung lahir di Tangerang, rumah SI Pitung bukan miliknya melainkan milik seorang saudagar kaya bernama H. ​​Syaifuddin yang dirampok oleh Si Pitung pada tahun 1883.

Inilah mengapa rumah Si Pitung terlihat bagus, karena mirip dengan cerita “Robin Hood”. Ia dan teman-temannya lebih memilih merampok orang kaya dan hasil perampokannya membantu orang miskin. Oleh karena itu, Si Pitung dibenci oleh orang kaya dan penjajah Belanda, tetapi disambut oleh orang miskin.

Rumah view ini memiliki beberapa ruangan antara lain area teras, ruang tamu, kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, dapur, dan teras belakang. Rumah Si Pitung bergaya arsitektur Bugis dengan bentuk rumah panggung sesuai dengan kondisi kawasan pantai Jakarta yang sering terkena banjir akibat air pasang.

Hanya sekitar 50 meter dari bibir pantai, sehingga berbentuk rumah panggung. Rumah Si Pitung dibeli oleh Pemerintah Kabupaten DKI pada tahun 1972 dari keluarga H. Syaifudin, alasan membeli rumah ini karena ingin dijadikan cagar budaya.

Interiornya replika, karena furnitur dan perabot aslinya telah hancur dan membusuk seiring berjalannya waktu, wajar saja jika peninggalan rumah ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Namun tetap menarik untuk berfoto, karena Anda bisa mendapatkan foto klasik yang sarat nilai sejarah dan juga sangat tak terlukiskan. Untuk hasil foto yang maksimal, kamu bisa nongkrong bareng teman atau pacar hingga tak terbatas ekspresi saat berfoto.

Rumah Si Pitung terletak di Desa Marunda Pulo, RT.02 / RW.07, Marunda, Cilincing, Kota Jakarta Utara.

Jika menggunakan jasa Sewa Mobil Jakarta, Anda bisa menyeberang jalan lingkar luar Jakarta menuju Cilincing, keluar di ujung jalan tol, lalu ke Jalan Raya Cakung – Cilincing.

Lanjutkan ke kanan menuju Jalan Akses Marunda, melewati jembatan dan belok kiri di persimpangan pertama.

Untuk menambah kenyamanan, Anda dapat menggunakan Google Maps, dari tujuan dan tujuan Anda ke Museum Nasional Jakarta, Rumah Si Pitung, yang terletak di Marunda, utara Jakarta.

Letaknya di dekat STIP Shipping High School dan dekat dengan rawa-rawa yang mengarah ke laut, jadi tidak perlu bingung mencari tempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *