Alergi adalah respons atipikal tubuh terhadap partikel atau protein tertentu yang ditemukan dalam debu, udara, dan makanan. Berbicara tentang alergi makanan, udang adalah jenis makanan yang sering memicu reaksi alergi dalam tubuh. Jadi apa itu alergi udang? Apa penyebab alergi udang? Apa karakteristik dan gejala alergi udang? Bagaimana cara mengobati alergi udang? Alergi udang adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh memberikan respons atipikal ketika mendeteksi protein udang. Akibatnya, protein dalam udang dianggap mengancam oleh tubuh, sehingga tubuh merespons dengan menyebabkan reaksi alergi.

Reaksi alergi udang berbeda-beda pada setiap orang. Ada orang yang organnya melepaskan histamin segera dan menyebabkan reaksi alergi tak lama setelah makan udang, tetapi beberapa orang hanya mengalami gejala alergi udang beberapa hari setelah makan udang. Beberapa orang mengalami reaksi alergi dari udang hanya dengan mencium bau udang. Alasan utama alergi udang adalah reaksi berlebihan sistem kekebalan terhadap kandungan protein krustasea. Karena reaksi berlebihan, protein udang dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh mudah menghasilkan zat antibodi sebagai bentuk penolakan.

Selain itu, ciri-ciri penolakan biasanya dimulai dengan menghilangnya histamin dan  juga beberapa bahan kimia sejenisnya. Aktivitas seperti ini selanjutnya menimbulkan reaksi alergi.

Faktor risiko alergi udang

Alergi udang dimotivasi oleh sejumlah faktor terkait. Sebagai contoh, seseorang dengan alergi debu atau dingin biasanya juga rentan terhadap alergi udang dan jenis-jenis alergen makanan lainnya. Selain riwayat alergi, faktor usia juga memengaruhi kemungkinan seseorang akan mengalami alergi udang.

Karakteristik dan gejala alergi udang

Alergi udang ditandai oleh sejumlah fungsi dan gejala. Ada gejala alergi pada udang yang ringan dan dapat segera diobati, tetapi ada kalanya reaksi alergi kronis dan dapat mengancam jiwa.

Berikut adalah beberapa karakteristik dan gejala alergi udang yang perlu Anda ketahui dan apa yang harus Anda ketahui.

  1. Ruam kulit
    Ruam kulit adalah gejala umum alergi udang. Ruam yang muncul di kulit sesaat atau beberapa hari setelah makan udang kemerahan dan disertai dengan atau tanpa tonjolan kulit.
  2. Gatal
    Gejala alergi udang lainnya adalah gatal-gatal pada bibir, tangan, kaki dan sejumlah bagian tubuh lainnya. Sebagai ruam, gejala ini dapat muncul segera setelah makan udang dan beberapa hari kemudian, tergantung pada respon sistem kekebalan setiap orang.
  3. Pembengkakan
    Pembengkakan juga merupakan gejala umum alergi udang. Pembengkakan udang alergi ditemukan di berbagai bagian tubuh seperti bibir, wajah dan rongga mulut. Jika Anda menderita pembengkakan ini setelah makan udang, Anda hampir pasti menderita alergi udang dan Anda disarankan untuk berhenti makan ikan dan kerang ini.
  4. Sakit kepala, pusing dan mual
    Pada beberapa orang, reaksi alergi ditunjukkan oleh gejala seperti sakit kepala, pusing hingga perut menjadi mual. Gejala alergi udang jarang terjadi, tetapi bukan tidak mungkin Anda menjadi salah satu dari mereka yang mengalaminya.
  5. Hidung tersumbat
    Nostalgia adalah gejala yang sering dialami oleh penderita alergi debu. Namun, alergi udang juga bisa mengalami gejala alergi udang dalam bentuk kehilangan hidung, meskipun sangat jarang.
  6. Penyakit pencernaan
    Seperti hidung tersumbat, penyakit pencernaan juga merupakan gejala alergi udang, yang bisa terjadi pada alergi udang, walaupun kemungkinannya sangat kecil. Gangguan pencernaan sebagai reaksi regalergik biasanya sakit perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *