Chatbot sesuai yang dilansir dari berita teknologi, merupakan sebuah layanan kecerdasan buatan (artificial intellegent) yang memungkinkan seseorang dapat berinteraksi dengan sebuah karakter virtual atau bot melalui chat. Jika anda pernah memainkan SimSimi (sebuah aplikasi mengobrol dengan bot yang bernama Simi yang sempat populer beberapa tahun yang lalu), anda pasti akan paham bahwa SimSimi merupakan salah satu jenis bot yang cukup populer. Saat ini, chatbot sudah banyak sekali digunakan untuk kepentingan customer care, scripting engine, messaging application, virtual assistance, dan domain expert. Cara penggunaan chatbot ada bermacam-macam tergantung dengan keyword yang diberikan oleh pengguna. Ada yang membuat sebuah karakter virtual lalu digunakan untuk berinteraksi melalui chatting dengan pengguna, ada juga yang digunakan sebagai layanan customer service dari suatu aplikasi. Bot akan menjawab atau merespon chat dari pengguna dari keyword yang diketikkan pengguna. Jika bot tidak mengenali keyword yang diberikan, maka bot tidak dapat berinteraksi dengan pengguna tersebut.

Ada dua jenis chatbot yang diciptakan oleh manusia untuk dapat berkomunikasi dengan pengguna. Yang pertama adalah chatbot yang berfungsi berdasarkan command-command atau perintah yang sudah ditetapkan oleh si pembuatnya. Dan yang kedua yang paling canggih adalah versi learning machine. Chatbot yang menggunakan learning machine disebut sebagai kecerdasan buatan yang dianggap jauh lebih pintar karena pengguna dapat memasukkan keyword atau perintah-perintah baru kepada botnya agar bot tersebut mendapatkan tata bahasa baru yang dipelajarinya. Pengguna juga bisa mengajarkan bot interaksi apa yang harus dikeluarkan apabila ada pengguna lain yang mengetikkan perintah tersebut.

Chatbot banyak berkembang di berbagai aplikasi terutama LINE. Kini, LINE melalui aplikasi Line@ nya dapat memberikan kebebasan bagi para pengguna Line@ untuk menciptakan chatbot yang berfungsi untuk mempermudah interaksi dengan penggunanya. Dengan adanya chatbot, seorang admin Line@ tidak perlu memantau selama 24 jam untuk merespon chat yang masuk karena chat sudah direspon secara otomatis oleh chatbot. Chatbot di LINE banyak digunakan untuk membuat permainan, sistem belajar, interaksi dengan tokoh virtual, assistance manager di online shop, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *