Sebagai orang yang lahir di Negara Indonesia, tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan sebuah makanan yang bernama  sayur asem. Ya, sayur asem ini merupakan salah satu masakan khas Indonesia, dan di setiap daerah di Indonesia terdapat makanan ini yang memiliki khasnya masing-masing. Seperti sayur asem Sunda, sayur asem Betawi, sayur asem Solo, dan lain sebagainya. Di samping rasanya yang segar dan lezat, sayur asem ini juga kaya akan kandungan vitamin dan protein yang tentunya bagus untuk kesehatan tubuh kita. Dengan demikian, maka tak heran jika kuliner yang satu ini sangat disukai oleh semua masyarakat Indonesia.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini sayur asem pun dapat dikolaborasikan dengan berbagai jenis hidangan laut seperti kerang ijo, udang, dan sebagainya. Khusus di daerah Pasundan, sayur asem ini memiliki berbagai variasi yang baru, salah satu contohnya adalah sayur asem siput kerang ijo. Untuk itu dalam artikel kali akan memberikan informasi tentang cara resep sayur asem siput kerang ijo beserta cara membuatnya sebagai berikut :

Bahan-bahan :

– Kerang ijo

– 6 buah cabe kecil

– 4  siung bawang merah

– 4 buah blimbing sayur

– 1 batang sere

– 2 helai daun jeruk

– 1 sdm garam

– ½ sdt penyedap rasa

Langkah Pembuatan :

  1. Pertama masukkan kerang ijo yang sudah bersih ke dalam panci yang terisi air, kemudian didihkan dan jangan lupa buang busa yang dikeluarkan oleh kerang tersebut.
  2. Lalu haluskan bumbu seperti cabe, bawang merah, dan garam.
  3. Kemudian masukkan bumbu yang sudah halus ke dalam panci yang sudah mendidih, dan masukkan juga sereh, daun jeruk, dan penyedap rasa.
  4. Lalu tunggu mendidih hingga matang.
  5. Sayur Asem Siput Kerang Ijo Khas Sunda yang mantap rasanya siap dihidangkan.

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan? Itulah resep dan cara membuat sayur asem kerang ijo khas Sunda yang harus anda coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *