Bagi para wanita, memakai make up merupakan salah satu kebutuhan penting untuk menunjang penampilan. Dalam pemakaian make up tersebut, bagian-bagian wajah akan dipoles dan menjadi tempat bereksperimen berbagai gaya make up. Selain bibir, bagian mata menjadi bagian yang sering dijadikan eksperimen make up. Biasanya mata tersebut sering digunakan untuk mengaplikasikan eyeliner, eyeshadow, maskara, bulu mata palsu dan lain sebagainya. Namun pemakaian produk make up tersebut bisa membuat mata terasa kurang nyaman dan bisa menimbulkan masalah mata kering atau dye eye. Apakah yang menyebabkan mata menjadi kering setelah memakai make up? Berikut akan diberikan ulasanya.

Penyebab Mata Kering Ketika Memakai Make Up

Ketika anda menggunakan make up di bagian mata maka biasanya pernah mengalami butiran eyeshadow yang jatuh ke dalam mata. Hal ini tentu cukup menggangu pandangan mata anda. Selain itu pemakaian eyeliner pada dekat garis bulu mata juga sering menyebabkan mata menjadi mata sepet dan kurang nyaman. Kondisi tersebut juga semakin diperparah ketika anda tidak membersihkan make up sebelum tidur. Sisa make up tersebut bisa masuk ke kelopak mata dan membuat mata perih saat berkedip.

Penggunaan make up di bagian mata yang kurang tepat ternyata bisa memicu munculnya mata kering. Sebetulnya ada cara agar anda bisa tetap nyaman ketika memakai make up di bagian mata yaitu hindari memakai eyeliner di bagian putih pada kelopak mata. Sebab di bagian tersebut jika dipakaikan eyeliner bisa membuat mata menjadi kering. Penyebab bola mata yang kering yaitu tertutupnya kelenjar meibom sebagai penghasil minyak untuk melindungi lapisan terluar dari mata.

Perlu anda ketahui bahwa mata mempunyai sistem yang menjaga lapisan terluar mata. Dimana ada dua cairan yang dihasilkan yaitu air dan minyak. Jika minyak dihasilkan oleh kelenjar meibom tersebut tertutup oleh eyeliner ataupun eyeshadow maka membuat mata menjadi kering. Tidak hanya make up saja, penggunan lensa kontak juga bisa membahayakan mata. Terlebih jika lensa kontak tersebut anda pakai tidur maka tidak hanya membuat mata perih, mata pegel atau mata lelah, kering tapi juga memicu kebutaan. Biasanya gejala mata yang kering diawali dengan munculnya mata terasa sepet, pegel dan perih.

Perlu anda ketahui bahwa kornea mata juga butuh bernapas dengan udara luar. Bila mata anda tertutup oleh lensa kontak maka membuat mata kekurangan oksigen. Kondisi tersebut yang berlangsung lama bisa membuat mata anda terluka, infeksi bahkan kebutaan. Meskipun memakai make up dan lensa kontak cukup membahayakan mata namun pemakiannya tidak sepenuhnya dilarang. Pastinya anda masih bisa memakai eyeliner selama tidak menutupi bagian kelenjar meibom. Selain itu gantilah lensa kontak dan lepaslah ketika anda tidur agar mata tidak kering.

Cara Mengatasi Mata Kering Akibat Make Up

Bila anda sering mengalami mata terasa kering saat menggunakan make up maupun lensa kontak maka anda perlu waspada. Pahami gejalanya jika mata terasa sepet, pegel dan perih maka bisa jadi mata anda sudah mulai kering. Untuk mengatasi masalah mata yang kering maka anda bisa membiasakan memakai make up secara tepat serta gunakan lensa kontak secara benar. Selain itu agar mata anda yang kering segera terobati maka gunakan Insto Dry Eyes. Dimana produk obat tetes mata ini mengandung bahan aktif yang bekerja melumasi mata dan membunuh bakteri. Dengan begitu mata anda akan lembab dan bebas dari iritasi.

Demikianlah penjelasan mengenai mata kering saat memakai make up dan cara mengobatinya. Melalui penjelasan di atas kini anda bisa memahami bahwa pemakaian make up bisa membahayakan mata dan membuatnya terasa kering. Bila anda mulai merasakan gejala mata yang kering maka silakan gunakan produk obat tetes mata dari Insto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *