Ramadan adalah bulan yang penuh berkah bagi semua orang, serta bulan yang penuh dengan peluang usaha. Sehingga tidak heran bulan Ramadan dimanfaatkan oleh semua orang untuk mendapatkan tambahan penghasilan sekaligus menjadi salah satu ladang untuk menambah amal kebajikan.

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan pada saat bulan Ramadan ada beberapa peluang bisnis yang bisa dilakukan. Bahkan peluang bisnis ini bisa dilakukan pada saat pulang kantor atau pada saat akhir pekan. Berikut ini beberapa potensi peluang bisnis yang bisa kamu lakukan pada saat bulan Ramadan tiba nanti.

Jualan Baju Lebaran

Menggunakan baju baru pada saat lebaran sudah menjadi salah satu tradisi yang tidak bisa dilepaskan bagi umat Islam. Untuk merayakan hari kemenangan memang disarankan untuk menggunakan baju terbaik. Peluang ini bisa dimanfaatkan dengan menjual beberapa baju-baju yang cocok digunakan untuk lebaran di kampung halaman. Biasanya baju juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman.

Selain itu kebutuhan untuk baju baru pada saat lebaran menjadi sesuatu hal yang lumrah bagi setiap keluarga. Setiap keluarga membeli baju baru misalnya seperti baju koko atau baju formal lain yang bisa digunakan pada saat merayakan hari lebaran di kampung halaman.

Untuk mendapatkan baju baru yang layak dan berkualitas bisa dengan memproduksinya sendiri atau menjadi reseller dengan mengambil baju-baju dan membeli barang dari produsen langsung seperti dari pusatnya di Pasar Tanah Abang.

Umumnya pedagang baju sudah mulai ramai sejak satu bulan sebelum Ramadan tiba. Kebutuhan baju lebaran memang menjadi salah satu yang menjadi tradisi pada saat lebaran selain mudik dan memasak ketupat lebaran.

Menjajakan Hidangan Berbuka Puasa

Salah satu peluang yang paling banyak dibidik dan juga dipilih oleh beberapa orang adalah dengan menjajakan hidangan pembuka atau takjil. Hidangan takjil sangat beraneka ragam mulai dari minuman sampai dengan makanan kecil.

Salah satu kebiasaan orang Indonesia adalah berbuka takjil dengan yang manis atau dengan bahan makanan yang memiliki rasa manis karena bisa memulihkan energi. Apalagi jika kondisi sedang panas dan cuaca yang kurang bersahabat biasanya kebanyakan orang cenderung memilih untuk berbuka dengan minuman yang menyegarkan seperti es kelapa muda atau es campur.

Tidak menutup kemungkinan juga kamu bisa berjualan gorengan dan menawarkan ke beberapa masjid yang menggelar acara buka puasa bersama secara gratis. Satu bulan sebelum Ramadan kamu sudah bisa menawarkan paket hidangan takjil untuk memenuhi kebutuhan beberapa masjid yang menyelenggarakan buka puasa bersama.

Menjajakan Kurma

Meskipun mungkin kesannya sangat sederhana namun pasokan buah kurma pada saat Ramadan meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut kamu bisa mulai berjualan kurma terbaik melalui berbagai macam kanal seperti menggunakan sosial media.

Selain itu kamu juga bisa menawarkan ke beberapa masjid sebagai salah satu pemasok buah kurma selama bulan Ramadan. Jika dalam satu bulan kamu bisa memasak minimal untuk 5 sampai dengan 10 masjid artinya kamu sudah bisa mengantongi keuntungan yang cukup lumayan sebagai tambahan untuk mudik lebaran sekaligus membeli kebutuhan lebaran di kampung halaman.

Jualan Kue Kering Lebaran

Kue kering lebaran menjadi salah satu yang tidak bisa dilewatkan ketika menjamu tamu yang bersilaturahmi ke rumah. Salah satu suguhan wajib yang dihidangkan selain ketupat opor adalah kue lebaran.

Permintaan kue lebaran biasanya sudah mulai meningkat sejak awal Ramadan karena umumnya ketika menjelang lebaran persediaan kue kering lebaran biasanya akan cepat habis. Fenomena ini bisa dijadikan sebagai salah satu peluang usaha dengan membuka usaha produksi rumahan kue lebaran maupun reseller kue kering lebaran. Beberapa jenis kue kering lebaran yang paling populer misalnya seperti kue nastar, kue putri salju sampai dengan beberapa jenis kue-kue lainnya yang disukai oleh semua kalangan baik tua maupun muda.

Jualan Parcel Lebaran

Sebagai salah satu ungkapan terima kasih dan juga untuk mempererat hubungan pertemanan dan hubungan bisnis biasanya beberapa kolega memberikan parcel lebaran.

Peluang ini bisa dijadiakan sebagai salah satu ide untuk membuka usaha khusus musiman membuat percel lebaran. Umumnya parcel lebaran berisi makanan termasuk beberapa kue lebaran.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika bisa memunculkan ide baru untuk mengemas paket parcel lebaran dengan isi yang berbeda selain makanan namun tetap bisa bermanfaat bagi yang menerimanya.

Supaya bisnis pada saat Ramadan lancar kamu membutuhkan smartphone yang mempunyai untuk membantu proses marketing melalui sosial media. Minimal smartphone yang kamu pilih memiliki kamera yang cukup baik sehingga hasilnya juga tidak terlalu mengecewakan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut kamu bisa memanfaatkan fasilitas dan layanan kredit tanpa kartu kredit dari Kredivo. Terdapat dua opsi kredit tanpa kartu kredit dari Kredivo, yaitu bayar tunai dalam 30 hari tanpa bunga dan cicilan tenor 3, 6, dan 12 bulan dengan bunga rendah yaitu sebesar 2,95% per bulan. Limit kredit yang diberikan hingga Rp 20 juta.

Untuk mendapatkan kredit tanpa kartu kredit dari Kredivo kamu hanya perlu menyiapkan KTP dan menyambungkn akun e-commerce yang telah memiliki riwayat transaksi, maka kamu langsung bisa menikmati fasilitas bayar tunai dalam 30 hari. Sedangkan untuk menikmati fasilitas cicilan, kamu hanya perlu menambahkan akun internet banking. Seluruh proses pendaftaran serba online, mudah, dan cepat. Kamu tinggal mendownload aplikasi Kredivo di Google Play Store ataupun App Store, dan ikuti instruksi pendaftaran sesuai metode kredit yang dipilih. Tidak perlu syarat DP maupun tidak perlu survei ke rumah. Untuk kemudahan informasi pendaftaran dan juga layanan terbaik dari Kredivo, kamu bisa mendapatkan informasinya di halaman berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *